Senin, 13 Mei 2013

Menghilangkan Rasa Gugup

         setelah diberitahukan panita acara pernikahan kerabat bahwa saya  di jadikan untuk penyambutan keluarga dari mempelai laki-laki maka  jantung saya seketika itu langsung berdecak kencang di karenakan saya belum pernah menjadi MC (Master of Ceremony) maka semenjak saat  itu saya mulai mempelajari beberapa langkah untuk menjadi MC.ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan :
  1.Persiapan.
     Bagi seorang pembicara persiapan adalah kata kunci yang harus di lakukan bagi seorang MC karena
      meskipun penampilan anda bagus serta suara yang berkarakter tetapi ketika anda berbicara tanpa
       persiapan maka akan menimbulkan celaan karena anda kurang persiapan
  2.Menggerakan Anggota badan
    Ini penting agar rasa gugup bisa berkurang dengan kita menggerakan tangan kita atau kaki kita. saya sudah pernah memperaktekan hal tersebut silahkan anda mencobanya.
3.Tarik nafas dalam-dalam
 usahakan untuk menarik nafas ketika sebelum berbicara kerena rasa gugup akan mempengaruhi ketika berbicara suara akan bergetar karena rasa gugup yang anda rasakan.
4. Apabila kita membawakan suatu masalah tentang kebahagian maka jangan lupa kita ekspresikan dengan wajah yang ceria juga sebaliknya.
5.Harus tahu berapa lama kita akan berbicara karena apabila kita berbicara terlalu lama maka akan membuat bosan pendengar dan menjadi cemoohan buat anda.
6.jangan sering terjadi pengulangan kata-kata yang akan membuat kita terlihat orang yang kurang wawasan,maka saya menyarankan agar banyak-banyak membaca buku refrensi agar kosa kata kita lebih bertambah dan ilmu lebih banyak.
terakhir saya berpesan agar meyakinkan diri anda bahwa anda bisa.Ada pepatah yang mengatakan"Bisa karena Biasa". menurut saya itu adalah suatu perkataan yang benar maka mulai dari sekarang untuk selalu mencoba terus untuk tampil dan berbicara di depan umum buang rasa malu kita yang akan menghambat potensi diri kita untuk terus berkembang.karena apabila rasa malu itu ditempatkan pada tempatnya  itu akan menjadi suatu hal yang positif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar