Senin, 29 April 2013

ABDURRAHMAN BIN AUF SAHABAT YANG KAYA DAN DERMAWAN


   Sahabat Nabi yang satu ini memiliki kelebihan dari sahabat yang lain karena beliau memiliki kemampuan dalam berniaga yang cukup bagus dalam berdagang sehingga bila di katakan apabila Abdurrahman memegang batu maka akan berubah menjadi emas. Sungguh beliau memang seorang pedagang yang berbakat dan pintar. Dalam sekejap  saja beliau berjaya menunjukkan keahliannya dalam berdagang hingga berjaya memperoleh harta yang banyak. Beliau adalah termasuk 10  sahabat yang di jamin masuk surga oleh Nabi Sholaullahu a’laihi wa salam dan termasuk sabiqunal awwalin (sahabat yang pertama-tama masuk islam)

        Nabi memerintahkan para sahabat untuk  berhijrah karena penyiksaan dan penindasan yang di lakukan orang musryikin mekkah  maka beliau termasuk sahabat yang ikut berhijrah ke madinah,di sana Abdurrahaman bin Auf di persaudarakan oleh Rasulullah SAW dengan Saad bin Rabi’ seorang dari golongan Anshor yang kaya raya Dia berkata kepada Abdurrahman Bin Auf:” Saudaraku, ketahuilah bahwa saya adalah seorang Anshor yang banyak harta, dan kiranya saudara sudi ambillah separuh dari kekayaan saya itu. Saya juga mempunyai dua orang isteri dan kiranya Saudara sudi mana satu diantaranya, saya bersedia menceraikannya supaya boleh engkau mengawininya. Mendengarkan kata-kata saudaranya itu Abdurrahman Bin Auf  menjawab, "Saudaraku, semoga Allah akan memberikan berkat terhadap keluarga dan hartabenda saudara. Janganlah disusahkan tentang diri saya ini, yang penting bagi saya ialah kiranya saudara sudi menunjukkan saya jalan menuju ke pasar.

           Pada saat Rasulullah Salaullahu A’laihi Wasalam menyerukan kaum muslimin untuk bersedekah pada perang Tabuk,.pada perang ini,beliau membutuhkan dana dan tentara yang tidak sedikit.maka Abdurrahman Bin Auf menyerahkan seluruh hartanya sebanyak 200 uqiyah EMAS atau setara dengan 8000 Dirham..

             Pernah pada suatu hari Abdurrahman Bin Auf pulang dari berdagang dengan membawa 700 ekor unta dengan muatannya yang membuat kota madinah pada saat itu  menjadi hiruk pikuk .Dan dibagikannyalah seluruh muatannya itu kepada semua penduduk madinah dan sekitarnya sebagai perbuatan yang baik dan sangat besar..
Sahabat , sungguh kisah ini mengajak kita untuk banyak-banyak bersedekah  agar kita dapat meneladani jejak langkah sahabat Nabi Abdurrrahman Bin Auf._HIL_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar